Pengertian Dan Penyebab Bounce Rate

(isi iklan)

Pengertian Dan Penyebab Bounce Rate

Apa itu bounce rate? Saya yakin, kalian pasti pernah melihat bounce rate ini di Alexa blog masing - masing kan? Menurut kalian, pentingkah sebuah bounce rate itu bagi sebuah blog? Bagi sebagian blogger (newbie) tinggi rendahnya bounce rate pada blog tidaklah terlalu penting, mereka hanya mementingkan pengunjung yang melimpah saja. Padahal bounce rate sendiri mencerminkan kualitas konten dan blog tersebut.


1. Pengertian Bounce Rate
Apa itu bounce rate? Bounce rate berasa dari bahasa Inggris yang artinya adalah rasio pentalan. Jadi, bounce rate adalah rasio pentalan jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada sebuah blog. Dan bounce rate dihitung menggunakan rumus sebagai berikut.
Bounce rate = (jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog/jumlah kunjungan total) x 100%
Contoh, misal dalam satu bulan blog kamu memiliki jumlah total pengunjung sebanyak 30.000, sedangkan pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja sebanyak 7.000. Jadi, nilai bounce rate blog kamu adalah (7.000/30.000) x 100% = 23%.
Semakin besar rasio pentalan yang dimiliki sebuah blog maka akan semakin buruk kualitas blog tersebut, sedangkan semakin kecil rasio pentalan yang dimiliki sebuah blog maka semakin baik kualitas blog tersebut.

2. Penyebab Tingginya Bounce Rate
Apa sih penyebab tingginya bounce rate atau rasio pentalan pada sebuah blog? Dan berikut ini adalah penyebab tingginya rasio pentalan pada blog kalian;
  1. Pengunjung menklik tombol close pada tab.
  2. Pengunjung menklik salah satu eksternal link pada blog tersebut.
  3. Pengunjung menklik tombol back pada browser.
  4. Pengunjung mengetikan URL baru pada browser.
  5. Loading blog yang berat, sehingga pengunjung meninggalkan blog tersebut.
3. Faktor Yang Mempengaruhi Bounce Rate
Tinggi rendahnya bounce rate pada sebuah blog dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain yaitu;
  1. Loading Blog
    Loading blog merupakan faktor yang bisa mempengaruhi rasio pentalan pada sebuah blog.Berat halaman blog yang sangan besar (overload) memungkinkan pengunjung untuk segera meninggalkan blog tersebut, dikarenakan terlalu lama menunggu berat loading blog tersebut sehingga menaikan rasio pentalan pada blog tersebut. Dan berat halaman blog yang kecil memungkinkan pengunjung untuk berlama - lama di blog tersebut, dikarenakan merasa nyaman dengan loading blog yang cepat dan tidak berat sehingga dapat menurunkan rasio pentalan pada blog tersebut.
  2. Kualitas Konten
    Dan kualitas konten juga merupakan faktor yang mempengaruhi rasio pentalan pada sebuah blog. Dengan menyajikan konten blog yang berkualitas dan menarik (bermanfaat) untuk pengunjung, memungkinkan pengunjung untuk membukan artikel lainya pada blog tersebut sehingga rasio pentalan pun berkurangg. Dan kualitas konten yang buruk (tidak bermanfaat) bagi pengunjung akan membuat pengunjung untuk segera meninggalkan blog tersebut, dikarenakan tidak merasa terbantu dengan artikel yang mereka baca sehingga rasio pentalan pun akan naik.
  3. Tata Letak
    Tata letak dari sebuah blog merupakan faktor yang mempengaruhi rasio pentalan pada blog tersebut. Kenapa? Karena tata letak yang rumit dan acak - acakan dan sulit ditelusuri akan membuat pengunjung malas menjelajah isi blog dan memilih untuk segera meninggalkan blog tersebut.
  4. Internal Link
    Jumlah internal link dari sebuah blog juga merupakan faktor yang mempengaruhi rasio pentalan pada blog tersebut. Semakin banyak internal link pada blog maka bisa dipastikan rasio pentalan pada blog tersebut akan semakin kecil. Hal ini dikarenakan memudahkan pengunjung untuk membaca dan mengunjungi halaman lain, sehingga pengunjung akan membuka halaman blog yang lainya dan rasio pentalan pada blog tersebut pun akan berkurang. Contohnya adalah seperti related post, recent post atau popular post.
  5. Eksternal Link
    Dan jumlah eksternal link pada sebuah blog juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi rasio pentalan pada sebuah blog. Semakin banyak eksternal link atau link keluar yang mengarah ke blog lain yang terpasang di halaman blog, maka kemungkinan jumlah pengunjung yang meninggalkan blog untuk pergi ke halaman blog lain dari link yang terpasang tersebut akan semakin besar. Sehingga rasio pentalan pun akan semakin tinggi.
Tinggi rendahnya bounce rate ini memang kurang diperhatikan oleh para blogger. Akan tetapi, melihat fungsinya yang besar sebagai salah satu indikator yang mencerminkan kualitas pada sebuah blog, maka mulai sekarang kalian harus belajar untuk mengenal dan mengurangi rasio pentalam pada blog kalian masing - masing.
Agar kinerja blog semakin baik, kalian dapat mematok 20% - 30% sebagai nilai bounce rate maksimal pada blog kalian. Kalian juga dapat melihat rasio pentalan pada blog kalian menggunakantools Google Analytics ataupun Alexa ini. Dan untuk mengurangi rasio pentalan pada blog, kalian bisa membaca artikel cara mengatasi bounce rate pada blog ini.
Judul Pengertian Dan Penyebab Bounce Rate
Deskripsi Pengertian Dan Penyebab Bounce Rate Apa itu bounce rate? Saya yakin, kalian pasti pernah melihat bounce rate ini di Alexa blog masing - masi...
Author
Author Rating
89,99%/ 100% Suara Dari 9999 Ulasan
Share this with short URL: Get Short URLloading short url
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di IDCEPU
Tag : SEO
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Penyebab Bounce Rate"

Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini:
1.Tidak komentar SPAM
2.Tidak komentar PROMOSI
3.Tidak komentar yang mengadung unsur SARA
4.Berkomentar dengan SOPAN
Salam IDCEPU

Back To Top